16 Kandungan Ajaib Terdapat Dalam Madu, Manfaat Bagi Tubuh Manusia


16 Kandungan Ajaib Terdapat Dalam Madu, Manfaat Bagi Tubuh Manusia
Madu salah satu yang dihasilkan oleh lebah bentuknya berupa cairan kental berwarna keemasan dan rasanyapun sangat manis,  madu merupakan kaya akan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral. Madu dengan berbagai kandungan vitamin dan mineral sangat efektif untuk menjaga saya tahan dan stamina tubuh.

Apa saja kandungan yang terdapat didalamnya berikut ulasanya.
1. Natrium :
Natrium merupakan mineral dan juga elektrolit yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh normal. Sebesar 85% natrium dalam tubuh ditemukan dalam darah dan cairan getah bening. Mineral ini membantu dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Natrium juga berperan dalam kerja otot dan saraf. Serta, berperan dalam menjaga tekanan darah.
2. Kalsium :
Kalsium merupakan salah satu mineral penting untuk pembentukan tulang. Selain itu, kalsium juga penting untuk kerja otot, sel, dan saraf Anda. 
3. Magnesium :
Magnesium merupakan mineral penting untuk tetap membuat badanmu sehat, dan diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Beberapa manfaat kesehatan dari magnesium meliputi transmisi impuls saraf, pengaturan suhu tubuh, detoksifikasi, produksi energi, dan pembentukan tulang dan gigi.


4.  Zat Besi :
Zat besi adalah suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Dalam tubuh manusia zat besi memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringandan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel.
5. Fosfor :
Fosfor pada tubuh merupakan zat mempunyai berbagai kegunaan yang mendukung fungsi tubuh berjalan maksimal. Fosfor merupakan mineral berguna bagi pertumbuhan gigi serta tulang manusia dimana fosforpun mendukung metabolisme karbohidrat, protein dan lemak beserta pengalihan energi. Fosfor memiliki tugas penting dalam pengangkutan zat-zat gizi ke aliran darah kita dalam bentuk fosfat.

 6. Kalium :
Kekurangan kalium merupakan ketidakseimbangan zat-zat metabolik tubuh yang ditandai dengan rendahnya tingkat kalium di dalam darah. Bahaya kekurangan kalium dapat mengganggu kesehatan jantung, menghambat kinerja antarsaraf dan otot, serta menghambat perpindahan nutrisi dan hasil metabolisme dari dan ke dalam sel-sel tubuh.
7. Asam Askorbat
Asam askorbat merupakan antioksidan menakjubkan yang melindungi sel dari stres ekstraselular, dengan peningkatan proliferasi sel endotelial, stimulasi sintesis kolagen tipe IV, degradasi oksidasi LDL, menghambat aterosklerosis dan stres intraselular dengan memelihara kadar α-tocopherol pada eritrosit dan neuron, dan melindungi hepatosit dari stress oksidatif akibat paparan alkohol alil.
8. Riboflavin
Riboflavin adalah vitamin B2 yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses penguraian karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi. Selain penyerapan, riboflavin juga membantu proses penyerapan oksigen di dalam tubuh.
9. Thiamin
Tiamina berperan sangat vital agar otak dapat bekerja dengan normal. Thiamine digunakan untuk mengobati atau mencegah defisiensi vitamin B1. Injeksi thiamin biasanya digunakan untuk mengobati beri-beri, kondisi serius akibat kekurangan vitamin B1 berkepanjangan.
10. Piridoksin
Piridoksin adalah merupakan vitamin B kompleks yang termasuk senyawa larut dalam air. Bersifat sebagai koenzim dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein yang nantinya menjadi energi yang digunakan tubuh untuk beraktivitas. Selain itu, metabolismenya juga menyangkut asam amino dan juga sistem imunitas. Sehingga membantu tubuh tetap prima dan tahan terhadap serangan penyakit. 
11. Niasin
vitamin B3 atau niasin adalah dikenal juga dengan asam nikotinat yaitu senyawa organik dengan rumus kimia C6H5NO2 yang merupakan salah satu dari banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B3 merupakan salah satu dari 5 vitamin yang mana jika tubuh kekurangannya akan mengalami dampak penyakit. Kekurangan Niasin (vitamin B3) berakibat penyakit pellagra, kekurangan vitamin C berakibat penyakit scurvy, kekurangan thiamin berakibat beri-beri, kekurangan vitamin D berakibat rakitis, kekurangan vitamin A berakibat rabun senja.


12. Asam Pantotenat
Asam pantotenat adalah amida antara asam pantoik dan beta alanin, vitamin yang dikenal juga dengan vitamin B5
Mempengaruhi kesuburan, hal ini telah diuji cobakan pada specimen tikus percobaan. Dimana pemberian asam pantotenat 30 menit sebelum destorsi mengakibatkan penurunan resiko ketidaksuburan. Sehingga asam pantotenat ini berperan dalam melawan glutathione yang menghambat kesuburan.
Ulkus pada kaki merupakan salah satu akibat penyakit diabetes dan berujung pada amputasi kaki. Bahkan penelitian banyak membuktikan, penggunaan vitamin B5 dalam pengobatan diabetes ini mampu mengalami penyembuhan lebih dari 50%.
Efek hipolipidemik yaitu segala bentuk turunan dari vitamin B5 (yang lebih sederhana) mampu menurunkan kadar LDL dalam darah dan menaikkan kadar HDL dalam darah. Sehingga menurunkan juga kadar kolesterol dan menghindari stroke.
Penyembuhan luka, studi kasus di abad ke 20 menyatakan bahwa asam pantotenat memiliki efek pada penyembuhan luka secara in vitro. Dimana kultur sel untuk regenerasi meningkat sehingga penyembuhan luka dapat lebih cepat sembuh.
Perawatan rambut. Pada kasus tikus percobaan, terjadi kerontokan rambut drastis setelah kekurangan vitamin B5. Sehingga dibutuhkan vitamin B5 untuk menaikkan kadar pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, vitamin B5 sudah digunakan dalam kosmetik dan shampoo perawatan rambut.
Penurunan jumlah jerawat. Di tahun 1995 dimana jerawat dapat diobati dan pori-porinya mengecil. Sehingga sangat membantu bagi mereka yang bermasalah pada masalah jerawat dan kulit. Hal ini terbukti saat takaran asam pantotenat pada kosmetik wajah, atau sabun pencuci wajah di tingkatkan, sehingga dalam beberapa minggu, jerawat berkurang.
13. Biotin
·Menjaga kehamilan tetap sehat dan vitamin yang baik saat menyusui. Biotin sangat penting  untuk wanita hamil. ...
·Pertumbuhan rambut. ...
·Mengatasi kuku rapuh. ...
·Mengatasi beberapa kerusakan kulit. ...
·Menurunkan kadar gula darah. ...
·Mengatasi kerusakan saraf. ...
·Mengobati multiple sclerosis.

14. Asam Folat
Asam folat membantu tubuh Anda memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru, dan juga membantu mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker. Sebagai obatasam folat digunakan untuk mengobati kekurangan asam folat dan beberapa jenis anemia (kekurangan sel darah merah) yang disebabkan oleh kekurangan asam folat
15. Vitamin K
Vitamin K termasuk golongan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan, misalnya bayam, brokoli, kacang kedelai, daging, telur, stroberi, sereal, serta minyak sayur. Kecukupan asupan vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.
Kekurangan vitamin K jarang terjadi pada orang dewasa, melainkan sering dialami oleh bayi yang baru lahir. Defisiensi ini dapat memicu terjadinya perdarahan yang sulit dihentikan.
Asupan mineral dan vitamin yang cukup setiap hari membantu Anda menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jenis vitamin yang penting bagi tubuh, namun seringnya dilupakan, adalah vitamin K. Padahal tanpa adanya vitamin K yang cukup, Anda akan lebih mudah memar atau berdarah karena darah Anda jadi sulit membeku
16. Zat Besi
Zat besi adalah suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Dalam tubuh manusia zat besi memiliki fungsiyang sangat penting, yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringandan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel
Demikian 16 kandungan dalam madu, sangat banyak kegunaanya bagi tubuh manusia sehingga tubuh dapat stabil dan seimbang setiap saat, jadi. Anjuran mengkonsumsi madu setiap hari sangat membantu tubuh kita agar selalu fit dan berenergi.

0 Komentar untuk "16 Kandungan Ajaib Terdapat Dalam Madu, Manfaat Bagi Tubuh Manusia"

Back To Top